Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Video Otoritas Jasa Keuangan Tentang Cara Cek SLIK OJK

Rabu, 01 Juni 2022 | 07:36 WIB Last Updated 2024-03-31T14:38:20Z

 

ojk.go.id


Sumber


Video di atas merupakan salah satu video yang diambil dari channel Youtube milik OJK dengan link https://www.youtube.com/@OtoritasJasaKeuangan yang membahas tentang cara cek SLIK OJK.


Poin penting yang perlu digaris bawahi dari tayangan ini adalah:

  1. Pihak OJK sebagai pengelola informasi tidak bisa menyentuh data dan informasi  yang disajikan oleh Bank / Lembaga Pelapor, hal yang bisa dilihat pada menit ke 22:50, sehingga dengan demikian penjelasan dari pihak OJK yang ada dalam tayangan ini sekaligus bisa  menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering kita dengar:" Bisa tidak SLIK OJK atau dahulu BI Checking dihapus?" Berarti dengan demikian jawabannya adalah: Tidak Bisa! Jangankan  menghapus, menyentuh saja tidak bisa.
  2. Setiap perubahan data/status/kolektibilitas  yang terjadi seperti misalnya karena  terjadi pembayaran angsuran atau pelunasan, informasi perubahan atau upadate  data/status/kolektibilitas itu baru bisa terlihat pada bulan berikutnya, karena sistim informasi yang diterima oleh OJK itu sifatnya bulanan. Hal yang bisa dilihat pada menit ke 25.00 Jadi kalau misalnya terjadi perubahan  data/status/kolektibilitas   karena  terjadi pembayaran angsuran atau pelunasan pada bulan Maret, maka informasi perubahannya akan bisa terlihat pada bulan berikutnya yaitu bulan April. Itupun biasanya tanggal 16 ke atas, karena Laporan Bulanan  semua Bank atau Lembaga Keuangan Non Bank pelapor dari seluruh Indonesia baru selesai diolah di server OJK tanggal 15 bulan berikutnya.
  3. Data/status/kolektibilitas yang tersaji dalam history berupa data history 24 bulan  terakhir, sehingga setiap perubahan Data/status/kolektibilitas yang ada masih akan tersaji  pada bulan-bulan berikutnya selama 24 bulan, hal yang bisa dilihat pada tayangan menit ke 26:19 


Untuk sebagai tambahan, dibawah ini disajikan juga tentang cara membaca SLIK OJK. 


Mudah-mudahan bermanfaat.




×
Berita Terbaru Update