Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Cara Cek SLIK OJK Versi Skor Kredit MyIdScore Pefindo Biro Kredit

Minggu, 19 Juni 2022 | 15:53 WIB Last Updated 2024-03-10T14:11:44Z
Grafis Credit Score

Cara Cek SLIK OJK Versi MyIdScore Pefindo Biro Kredit


Berhubung banyak yang menanyakan mengenai hal-hal yang terkait dengan Skor Kredit,  cek kredit skor ojk, cara melihat skor kredit pinjaman online, skor kredit ojk, cara mengecek skor kredit, cara cek kredit skor, cara cek skor kredit ojk, maka supaya tidak perlu menjawab satu-persatu, kami putuskan untuk membuat artikel ini, supaya apabila ada yang menanyakan, kami bisa langsung mengarahkannya ke link ini supaya bisa memberikan penjelasan yang lebih lengkap.


Namun selain untuk keperluan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul tersebut, poin yang perlu kami sampaikan pada artikel ini adalah bahwa saat ini selain OJK, sudah ada juga entitas lain yang bisa mengeluarkan Skor Kredit yaitu PT. Pefindo Biro Kredit


PT. Pefindo Biro Kredit ini hanya salah satunya, masih ada lagi entitas lain yang sejenis namun yang jelas harus atas Ijin dari OJK, namun untuk keperluan pembuatan artikel ini kami memilih bahannya dari Pefindo Biro Kredit.


Dikutip dari Website MyIdScore PEFINDO Id Score dipelopori oleh PEFINDO Biro Kredit dan PEFINDO Biro Kredit sendiri  merupakan  Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) atau dikenal juga sebagai Biro Kredit Swasta sebagaimana peraturan Bank Indonesia no.15/1/PBI/2013 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan yang selanjutnya dikonversi menjadi peraturan Otoritas Jasa Keuangan no. 42/POJK.03/2019 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan.

  • PEFINDO Biro Kredit memperoleh izin operasional dari Otoritas Jasa Keuangan pada 22 Desember 2015 dan mulai beroperasi secara komersial sejak 27 Maret 2017 melalui peluncuran produk credit score & report.
  • Dalam menjalankan kegiatan usahanya, PEFINDO Biro Kredit menghimpun data kredit dari lembaga keuangan dan data non-kredit dari beberapa instansi publik beserta lembaga yang telah bekerja sama untuk menjadi sumber data. Data tersebut kemudian diolah dan disajikan dalam bentuk informasi yang komprehensif dan bernilai tambah.
  • MyIdScore merupakan  produk persembahan IdScore yang ditujukan bagi masyarakat umum yang ingin mengetahui credit score dan laporan kredit historis individu.
  • MyIdScore sangat bermanfaat karena  memiliki rangkaian informasi lengkap sesuai kebutuhan dan mudah dipahami seperti profil, identitas debitur, skor kredit, laporan hostoris perkreditan, tingkat risiko dan kemungkinan gagal bayar dapat diketahui secara lebih pasti.
  • Untuk mendapatkan fasilitas pinjaman dari Lembaga Keuangan warga masyarakat dapat memanfaatkan layanan MyIdScore sebagai informasi pendahuluan sebelum pengajuan fasilitas pinjaman.
  • Bagi  debitur individu, MyIdScore dapat digunakan sebagai cerminan reputasi keuangan yang dapat memudahkan pemilik  IdScore dalam mewujudkan berbagai keinginan.
  • MyIdScore didukung oleh data perkreditan nasional yang bersumber dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan data lainnya dari berbagai lembaga yang telah bekerja sama, termasuk juga lembaga keuangan non-pelapor SLIK. Saat ini database IdScore terdiri dari 90 juta data perkreditan debitur dengan 140 juta fasilitas.
  • Credit Score merupakan sistem yang digunakan oleh bank atau lembaga pembiayaan lainnya untuk menilai dan menentukan kelayakan kredit seseorang. Dalam menilai Credit Score dilihat berbagai faktor, seperti data pinjaman, riwayat akun kredit, siklus pembayaran kredit, dan faktor kualitatif lainnya.


Informasi  yang ada di MyIdScore

  • MyIdScore berisi informasi credit score dan laporan kredit individu yang dapat menggambarkan profil risiko dan reputasi keuangan untuk dapat membantu Lembaga Keuangan melakukan analisa dalam proses persetujuan kredit.
  • Credit Report adalah laporan dan rincian kredit seseorang yang berisi informasi fasilitas pinjaman, riwayat pembayaran dan status pembayaran pinjaman dari individu di Lembaga Keuangan.


IdScore, IdReport dan IdScore+

  • IdScore adalah informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan analisa kelayakan kredit yang praktis dan efisien. IdScore menyajikan credit score antara 250 hingga 900, gambaran profil risiko dan kemungkinan gagal bayar dalam format yang mudah dipahami.
  • IdReport adalah informasi mengenai data debitur secara lengkap seperti identitas beserta riwayat perubahannya, fasilitas kredit, riwayat pembayaran, pemenuhan kewajiban keuangan lainnya, serta informasi dari instansi publik untuk mendukung analisa mendalam dan melengkapi database. 
  • IdScore+ adalah kombinasi IdScore dan IdReport untuk analisa kelayakan kredit yang lebih mendalam dan komprehensif guna mendukung pengambilan keputusan dengan berbasis data dan profil debitur yang lengkap dan terkini.


Langkah 1 - Masuk ke Website myidscore.id



Langkah 2 - login



Langkah 3 - Opsi  Permintaan baru atau melihat riwayat permintaan



Langkah 4 - Pengajuan Permintaan Baru



Langkah 5 - Ngisi Identitas




Langkah 6 - Lembar Konfirmasi




langkah 7 - Lanjutan Pengisian data diri



Langkah 8 - Pilih paket layanan




Langkah 9 - Lembar konfirmasi dari pihak Pefindo




Langkah 10 - Pilih paket layanan




Langkah 11 - Pengajuan Jadwal kunjungan untuk ambil hasil




Langkah 12 - Lembar persetujuan jadwal kunjungan




Langkah 13 - Pemberitahuan jadwal kunjungan



Resume  Alur layanan




Keterangan


Dalam contoh kasus ini, hasil Skor Kreditnya diajukan untuk diambil sendiri ke kantor Pefindo, sementara opsi lainnya bisa juga diminta untuk dikirim melalui email.

Bahwa kalau diminta untuk dikirim via email, beda juga perlakuannya, yaitu dengan cara video call dulu untuk memastikan orang penerima yang tepat, karena sifatnya rahasia jadi tidak bisa salah orang untuk menghidari permasalahan hukum dikemudian hari.

Untuk informasi tambahan mengenai produk Skor Kredit versi Pefindo ini, hasilnya bisa terdiri dari puluhan halaman bahkan sebagai salah satu contoh yang sudah ada kami lihat sendiri ada yang sampai 75 halaman. Bahwa apabila ingin melihat sendiri contohnya bisa kami perlihatkan, termasuk konsultasi mengenai hal ini, tinggal menghubungi kami melalui Admin, namun dengan syarat ketentuan berlaku.

Demikian hal-hal yang terkait dengan pertanyaan-pertanyaan seputar  skor kredit adalah, cek kredit skor ojk, cara melihat skor kredit pinjaman online, skor kredit ojk, cara mengecek skor kredit, cara cek kredit skor, cara cek skor kredit ojk sebagaimana yang sudah disebutkan pada bagian atas, yang dikaitkan dengan Skor Kredit selain OJK yang dalam hal ini merupakan versi Pefindo Biro Kredit, mudah-mudahan dapat membantu.

Sementara untuk penambahan wawasan lainnya mengenai awal mula dari penerapan skor kredit bisa dibaca pada tulisan Pengertian, Tentang, manfaat dan Cara Cek BI Checking 
×
Berita Terbaru Update