Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

BOPO: Peringkat Kinerja Bank-bank Swasta Nasional Periode 31 Desember 2020 Untuk Kategori Biaya Operasional Terhadap Pendapatan Operasional

Kamis, 25 Maret 2021 | 15:39 WIB Last Updated 2023-08-20T05:35:37Z




Dear Nasabah Bank-bank Swasta Nasional.


Ingin mengetahui pada posisi peringkat berapa pencapaian Bank anda untuk kategori BOPO atau Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional periode 31 Desember 2020?



Untuk itu kami informasikan data peringkatnya sebagaimana yang kami sajikan dalam bentuk tabel berikut ini:
 




Penjelasan Terkait dengan BOPO:



Menurut Pandia (2012 :72) bahwa BOPO/Biaya Operasional Pendapatan Operasional ratio yang sering disebut rasio efisiensi ini digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam mengendalikan biaya operasional terhadap pendapatan operasional.


Semakin kecil rasio ini berarti semakin efisien biaya operasional yang dikeluarkan bank yang bersangkutan sehingga kemungkinan suatu bank dalam kondisi bermasalah semakin kecil.


Biaya operasional dihitung berdasarkan penjumlahan dari total beban bunga dan total beban operasional lainnya. Pendapatan operasional adalah penjumlahan dari total pendapatan bunga dan total pendapatan lainnya. Semakin kecil ratio ini berarti semakin efisien biaya operasional yang dikeluarkan oleh bank yang bersangkutan.

Menurut Dendawijaya(2009:98) ratio biaya operasional digunakan untuk mengukur tingkat efisiensi dan kemampuan bank dalam melakukan kegiatan operasinya.


Menurut ketentuan Bank Indonesia efisiensi operasi diukur dengan BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) dengan batas maksimum BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) yaitu 90%. Efisiensi operasi juga mempengaruhi kinerja bank,

BOPO (Biaya Operasional Pendapatan Operasional) menunjukkan apakah bank telah menggunakan semua faktor produksinya dengan tepat guna dan hasil.

*****


CATATAN SEKALIGUS MENJADI PERTANYAAN KENAPA: 

Ada 2 Bank yang tidak ada Laporan Publikasi OJK yaitu: 
Bank Capital Indonesia (Kode Bank 054)
Bank Mayapada Internasional (Kode Bank 097)

Referensi:

- Penjelasan Terkait dengan BOPO

- Info Grafis dan Publikasi Laporan Keuangan Perbankan: https://ojk.go.id


*****

   Know Your Bank (KYB)

×
Berita Terbaru Update