Notification

×

Iklan

Iklan

Bank Mandiri Sandera Dana Nasabah 80 Juta Demi Penyelamatan Kartu Kredit Macet 7,5 Juta. Suruh Tandatangan Penyelesaian Pelunasan diangka 45 Juta. Sadis!!!

Kamis, 05 Januari 2017 | 14:04 WIB Last Updated 2020-08-18T07:49:56Z
googlemaps.com

Mungkin sudah merupakan kebijakan  pihak  Managemen Bank Mandiri memblokir Dana Nasabah yang masih mempunyai Kredit Macet untuk menyelesaikan kredit macetnya di Bank tersebut. Bahwa begitu ada  dana masuk ke rekening nasabah, akan langsung mereka tangkap. Kuasai. Dengan cara melakukan pembokiran. Tak peduli berapa sebenarnya utang nasabah. Apalagi itu adalah uang apa.

Yang paling celakanya,  mereka tidak peduli berapa kali lipat dana yang diblokir itu dari  utang yang sebenarnya. Apalagi  uang itu adalah uang apa. Dan tidak  mau tau apa eksesnya terhadap nasabah akibat perlakukan mereka itu. Karena kadang dana itu adalah dana pihak lain yang numpang transfer, keperluan orang sakit, bahkan yang paling sering adalah biaya hidup sekeluarga, karena transferan itu adalah untuk Gaji bulanan yang ditransfer melalui Bank Mandiri (Payroll).

Entah apa alas hak Bank Mandiri melakukan cara seperti itu, pasti  mereka yang lebih tau. Dan apakah model seperti ini diperbolehkan oleh OJK? Hanya OJK juga  yang tau. Karena apabila ditanyakan ke mereka-mereka,  paling jawabannya yang  normatif-normatif saja.

Yang jelas, model seperti ini sudah Bank Mandiri lakukan sejak lama. Bukti-bukti yang sharing ke kami juga sudah banyak. Contoh-contohnya bisa dilihat di link ini.  Dan, akan sampai kapan  mereka melakukan model-model  seperti ini? Entahlah.

*****

Maka itulah kami sharing salah satu contoh kasus ini,  untuk tujuan, tak lebih dari  supaya tidak ada lagi mengalami hal yang sama.

Dan supaya  tidak ada anggapan  kami menyebarkan Hoax, kami sengaja membagikan contoh kasus ini dari dari  transcript percakapan via WA antara kami dengan Nasabah yang bersangkutan dengan sedikit moderasi untuk mempersingkat cerita. Bukti-bukti pendukung lainnya berupa  Screenshot percakapan antara Nasabah dengan pihak Banknya   ada juga  kami simpan, yang bisa dikeluarkan apabila diperlukan. 

Kami bisa melakukan sharing kasus ini karena kebetulan Nasabah yang menjadi “Korban” meminta bantuan kami untuk menyelesaikannya. Karena setelah dia coba mau selesaikan sendiri,  pihak Banknya mematok harus bersedia diperhitungkan dengan Utang yang pada saat kejadian telah menjadi  50 Juta.  Padahal menurut pengakuan Nasabah,  utang awalnya sebelum kondisi macet hanya berkisar 5 jutaan. Namun dengan alasan sudah macet selama kurang lebih 8 tahun, jadi utangnya sudah menjadi 50 jt an menurut pihak Banknya, dan nasabah harus bersedia dulu penyelesaian Utangnya diperhitungkan dari Dana yang diblokir tersebut baru Blokirannya bisa dibuka , supaya sisanya  bisa dipergunakan.

Dan karena upaya-upaya yang dilakukan  nasabah  untuk meminta kebijakan pihak Bank Mandiri, supaya bayarnya tidak sebesar itu tidak menunjukkan hasil, maka Nasabah mencoba pihak-pihak yang bisa membantu menyelesaikan kasus seperti ini di interet, dan ketemulah dengan kami.

*****

Tentu tidak mudah membantu menyelesaikan kasus seperti ini. Karena dana ada dalam penguasaan mereka.  Tapi karena kepercayaan penuh  dari Nasabah yang diserahkan kepada kami  membuat kami termotivasi  untuk berjuang menyelamatkan dana yang mau coba “dirampok”. Dirampok  oleh  sebuah entitas yang konon sudah tergolong kategori  Raksasa. Milik Negara pula.  Parah Bukan?

Perlu waktu hampir sebulan untuk menyelesaikannya.  Dimulai dari tanggal 7 berakhir tanggal 30 sebagaimana yang bisa dilihat dari kronologis perjalanan penyelesaian Kasus.

Dan semuanya bisa berjalan dengan baik tak terlepas dari konsistensi Nasabah mendukung perjuangan kami. Karena seperti biasa, pihak Bank berupaya  memecah belah dengan cara mendiskreditkan kami supaya kalau tidak ada kami, akan lebih mudah bagi mereka untuk mendikte Nasabah. Dan karena kami sudah hafal dengan trik-trik seperti itu, kepada Nasabah juga telah kami informasikan sejak awal.

*****

Oh ya.
Ini baru contoh pertama. Masih ada beberapa contoh kasus lagi yang akan kami posting yang lainnya  secara berkala, sesuai kelonggaran waktu yang ada.

Lalu bagaimana akhir penyelesaian kasus ini?
Untuk menemukan jawabannya silakan aja diikuti kisahya, sebagaimana yang kami sajikan ini.

Selamat mengikuti.

*****

Kronologis Kasus:

07/12/2016, 1:18 PM
Siang pak Pulo
Saya ingin konsultasi tentang pelunasan kartu kredit

Siang. Ada yg bisa dibantu? Kalau ada langsung aja disampaikan permasalahannya bagaimana Spy bisa kami berikan tanggapan yang sesuai.

Kronologisnya,  kemarin saya di call pihak kartu kredit ttg tagihan kartu kredit saya di tahun 2008 pak. Dan tanpa konfirmasi rekening tabungan saya di blok sebesar tagihan yg mereka tagihkan. Tentu saja tagihannya jadi berkali kali lipat karena sudah 9 tahun yang lalu.

Di bank apa?

Bank mandiri
Ada history di internet banking saya kapan pembayaran saya terakhir di tahun 2008
Pertanyaan : apakah mungkin dilakukan penghapusan bunga ?
Karena saya ada itikad baik untuk selasaikan
Dan karena saya pertanyakan mengapa baru sekarang setelah periode 10 tahun baru rekening bank saya diblokir
Kenapa tidak pada waktu kartu saya mati which is di tahun 2008 itu

Waktu thn 2008 itu saldo terutangnya brp? Sekarang jadi brp katanya?

Nah itu yg saya minta ke pihak kk nya drtail rinciannya
Saya diminta datang ke plasa bapindo lantai 10
Setelah dapat rincian itu apa yg mesti saya lakukan ?

Kalau seingatnya waktu itu? Brp kalau awal2 macet

Tagihan saya selalu di bawah 5 jt

Sekarang yg  diblokir brp

50jt an
Eh itu yg ditawarkan untuk di settle oleh bank
Kalo dana yg dsi blokir di 80jt.. saya sudah datang ke cabang bank mandiri tempat rekening saya dan sudah ngobrol disambungkan dengan pihak kk bankmandiri penagihannya
Dan saya tetap keberatan drngan jumlahnya
Karena menurut saya tidak fair menagihkan jumlah bunga berbunga selama hampir 10 tahun itu
Begitu pak. Mrnurut bapak bagaimana?

Kalau benar waktu itu hanya 5 jt kami bisa upayakan bayarnya maksimum 10 jt
Posisi di jakarta atau dimana?

Di jakarta pak

Udh. Diserahin aja ke kami spy kami urus.
Ini dengan pak pulo ?
Posisi dmn pak pulo?

Iya saya sendiri. Posisi di daerah Jakarta Timur

Template surat kuasanya boleh di email dulu ke saya pak?
Saya tinggal di daerah pondokcabe

Oke.

*****


09/12/2016, 11:15 AM

Apakah sudah ada update dari team terkait mediasinya pak ?

Anggota Tim kita  masih otw katanya. Sepertinya jadi habis jumatan nih. Soalnya bisanya jam segini udh tanggung. Jadi pada buru2 nanti. Kalau udh habis jumatan udh agak longgar nanti waktunya

Oke pak

Masih ada kontak dari yg ngubungi kemarin itu? Spy jadi bahan complain kita nanti sekalian

Masih pak.  Sementara saya diamkan saja

Okee

Kalo perlu nanti saya capture dan kirim sms atau mesage nya yg bernada aneh seperti kmrn

Iya kalau ada dikirim aja..Biar nanti kita sampaikan juga.

*****

Siang. Pak Ari..... Hasil hari ini mengecewakan. Mereka masih tetap bertahan diangka 55 jt

Risalah Mediasinya:
Kredit disetujui 2008. Selama 2008 nasabah tidak pernah bayar sampai sekarang.
Jumlah tagihan membengkak 85 jt karena biaya bunga.  Rekening tabungan di blokir spy nasabah melunasi. Mandiri hanya bisa memberi parameter pembayaran tunai (sekali bayar ) sebesar 55 jt baru rek. Dibuka blokirannya. Itu tadi laporan dari Anggota Tim kami yang handle Mediasinya

Pak apakah bisa dibawa rinciannya

Ga bisa. Kalau rincian hanya di perlihatkan sama pihak banknya. Ga bisa dibawa keluar

Rincian transaksi kartu kredit harus disampaikan ke nasabah.  Sebagai dasar Hutang Pokok nya brp setelah pembayaran terakhir

Kalau utk mengetahui itu bisa melalui print out bi checking. Kalau mau disempatin aja waktunya ke bank indonesia utk ngambilnya.
Disitu nanti akan terlihat historynya pas awal macet. Saldo pokok brp dan hasil bunga berbunga berapa
*****

10/12/2016, 10:41 AM
slmt siang pak pulo, maaf mengganggu pak..
mau tanya pak pulo.. kalo kemarin  lokasi mediasinya dimana ?

Di bank mandiri kebon sirih. Bagian collectionnya di situ. Selama ini kami udh puluhan kali bermediasi disitu.  Emang kenapa ya tadi nanya lokasi mediasi?

ngga kenapa2 pak.. saya ingin tau saja
oya.. org collection hari ini dari pagi masih telp saya terus menerus.. meminta saya untuk datang ketemu mereka secara langsung

Kalau bisa deal diangka maksimal 7 jt saya pasti datang.  Gitu aja. Tapi kalau ga ada kepastian ngapain buang2 waktu ke sana?
Bila perlu ancam aja dia dengan draft yv saya buat itu. Ini mau dikirim hari selasa. Gitu aja. Kirim aja fotonya gpp. Biar jangan Dikirain kita main2 doang
Coba dikasih fotonya aja. Dia pasti akan langsung diam. Diancam aja dia semakin banyak ngomong akan semakin berat sanksi ke dia nanti.

oke noted pak

*****


13/12/2016, 7:07 AM

Gimana rencana tindak lanjut dengan bank mandiri? Apakah sudah dibaca draft surat yg kami sampaikan? Maksudnya kalau udh setuju spy langsung kira proses. Spy bisa cepat selesai

 Iya pak.. saya lagi otw BI. Buat printout BI checking

Oh ok. Nanti masuknya dari jalan budi kemuliaan ya? Krn pintu masuknya ada disitu

Ok pak
Pak nanti saya info hasil BI checking
Maaf seharian padat aktivitas project kantor jadi belum bisa update

****

14/12/2016, 8:23 AM
pagi pak Pulo
ttg BI checking.. untuk KK mandiri outstanding saya 7.5 jt pak
IMG-20161214-WA0004.jpg (file attached)

Berarti  12 jt anlah. Nanti bayarnya kita alokasikan
Atau maksimallah 15 jt an kalau mau lebih cepat.

Arief Kurniawan: oh begitu pak
Kemarin ga dicoba ditanya masukan dari pihak bank indonesia itu?
mereka saya tanya tentang yang kolom sebelahnya, yg melayani saya tidak bisa memberikan comment ttg hal itu mereka hanya bisa menjelaskan kolom outstanding saja dan cara membaca BI checking

Oh iya. Gpp.

Ya udh. Gimana. Biar kita langsung follow up sesuai surat kemarin. Biar cepat beres
Bisa saya call pak pulo?

Nanti jam 11 aja ya. Lagi ada meeting nih kebetulan

Oke pak
Btw kalo saya bilang ke yg call saya ttg jumlah outstanding BI checking gmn pak ?

Percuma. Dia kan tau itu sebenarnya. Mau “merampok”   secara halus aja itu sebenarnya.  Dilihat ada kesempatan. Tapi gpp kalau pengen tau responsnya spt apa.

Iya mungkin saya akan bilang saya sudah printout BI checking dan outstanding saya hanya 7.5jt

Iya. Dikasih tau aja gpp.

Oke pak

Responnya :
Bapak mau penyelesaian diangka brp? Kalau 7.5 ga bisa karna ketentuan bank mandiri ga bisa penyelesaian di pokok pemakaian. Denda anda yg selama 8th menghilang harus dibayarkan pak

Nah. Udh mulai kendor kan? Dimulai dari 10 jt aja. Gpp. Langsung dibilangin aja ga iklas sebenarnya. Krn udh sempat ngerepotin kita.  Apalagi sampai ada blokir memblokir gitu. Kita malah mau nuntut ganti rugi. Spt itu aja dulu

16/12/2016, 2:01 PM
Slmt siang Pak Pulo
saya barusan kirim draft surat ke bank mandiri yang sudah saya update Pak mohon review nya

Ok. Saya cek dulu

ok.. thank you Pak Pulo

Saya udh review dan revisi. Udh saya kirim hasilnya. Silakan dicek emailnya. Tksh

Jadi rencana hari senin Anggota Tim saya akan menemui si Korwx  itu lagi sekalian ngasih suratnya sambil ngasih tau ke dia tembusan2 surat itu. Kecuali misalnya langsung  bisa ada kesepakatan yg tembusan2 ga perlu disampaikan. Strateginya rencananya spt itu.
oh ya.. lampiran BI checking perlu saya kirimkan ?

Ga perlu saya print yg dikirim kemarin itu aja

oh itu di print hasilnya bisa terbaca ?

Bisa . Jelas kok.

oke pak noted

Ketika ditanyakan juga mengenai *alas* hak Bank Mandiri melakukan blokir rekening Tabungan, petugas tersebut hanya mengatakan bahwa itu sudah sesuai dengan Undang-undang yang berlaku tanpa menyebutkan Undang-undang yang mana.
Udah dana saya di sandera.. saya ditelpon terus sehari bisa 100 kali.. sepertinya terkesan memeras
saya juga sengaja tidak matikan telpon biar mereka tau saya tidak menghindar di telpon.. namun saya hanya respon melalui sms2 saja yang cukup clear.. untuk mengutarakan point2 saya.. karena saya rasa percuma meladeni telponnya..
Kalo bahasa nya teman saya : "apakah serendah itu cara-cara bank besar sekaliber bank mandiri memperlakukan nasabah nya.. yang loyal"
loyal = dari dulu rekening saya tidak ganti2
saya sempat di WA juga :

Kepada Yth
Bank Mandiri
Unit Kerja Collection Jakarta Raya 2

Up Bapak Gidexx  Korwx

Yg bertanda tangan dibawah ini :
Nama : ........................
No.Card : ......................
Mengajukan permohonan penyelesaian pelunasan kartu kredit Bank Mandiri dengan pelunasan Rp .... pembayaran yg akan dibayarkan tgl....Desember 2016

Dikarenakan (sebutkan alasan permohonan keringanan). Demikian saya sampaikan,terimakasih

Hormat Kami.
TTD+materai 6000
....................................
Lampirkan KTP(difoto)
Dengan catatan pelunasan diangka Rp. 45jt

lucu kan diminta bikin surat permohonan tapi ditentukan nominalnya
ini WA yang terakhir :
Pak jd ngulur2 waktu gini? Dana bapak bisa kami debet otomatis pak kalau bapak gamau buatkan surat permohonannya. Bapak udah salah masih aja berkelak, mengulur" waktu sudah mau akhir tahun pak.

saya jawab begini saja pak :
Anda sudah menyandera dana saya, kemudian memaksa meminta pelunasan yang tidak sesuai Undang-undang bank indonesia. Itu namanya pemerasan.

Iya. Udh benar itu.

IMG-20161219-WA0001.jpg (file attached)
Mereka tetap bersikeras sama angka nya..
ga mau terima kesediaan saya membayar pokok

Nanti kalau udh lihat suratnya kita akan lihat reaksi nya spt apa.
Ga usah khawatir. Kita udh sering ngerjakannya spt ini.
Ngadapin orang2 seperti ini memang harus sabar
Ngelawannya harus pake otak
Kalau pake otot akan sia2

oke noted pak

IMG-20161219-WA0008.jpg (file attached)
WA dari mereka hari ini pak
jadi sudah ada statement dari mereka bunga bisa dihapus 100%
hanya denda kata mereka..
setelah itu dari org mereka yg lain ada sms sbb :
IMG-20161219-WA0009.jpg (file attached)
Keluar penawaran mereka yg terbaru setelah tiktok message

Di biarin aja. Makanya udh mulai ke takut an mereka kan?
Kita maksimal diangka 10 jt aja

iya pak .. tolong disampaikan ke Anggota Tim nya  ya

Udh. Udh kita siapkan kok pengajuan maksimal diangka 10 jt. Ada surat resminya

oke noted pak
Nanti saya kasih foto pengajuannya ya?
IMG-20161219-WA0014.jpg (file attached)
ok pak noted
dengan surat tersebut apakah artinya masih ada kemungkinan penyelesaian di atas 10jt ?
atau kah positioning kita take it or leave it ?

Kalau itu tergantung kita. Kalau mau cepat selesai mungkin diangka 15 jt besok juga mungkin bisa beres. Tapi kalau 10 jt mungkin perlu waktu beberapa hari lagi. Krn ini perang saraf aja sebenarnya.

Oke pak.. kita take it or leave it di 10jt ya
Karena itu denda yg kita anggap wajar
Karena saya sudah message ke mereka kan saya mau settle di 7.5jt
Mereka minta bayar denda .. jangan sampe yg disebut denda jadi kegedean
Saya serahkan ke team bpk cara dan bagaimananya 😊

Maka itu apapun istilahnya menurut mereka yg penting kita lokasi kan 2.5 jt. Itu aja. Paling nanti kalau akhirnya mereka minta diangka 12 jt an menurut saya kita okein aja lah ya. Daripada berlarut2. Dengan catatan kita akan coba tekan mereka diangka yg 10 jt itu

*****

20/12/2016, 7:22 PM
malam Pak Pulo
bagaimana tentang update mediasi hari ini ?

IMG-20161220-WA0005.jpg (file attached)
Mereka masih bertahan diangka 20 jt
Udh disiapin formnya

Padahal ada teamnya mereka yang sudah sms ke saya kemarin dan hari ini di angka 17 jt
Dari kita apakah sudah disampaikan ttg kesediaan pelunasan max di angka 10 jt ?

Udh disampaikan. Kita tunggu aja. Itu pasti berhasil..Kalaupun ga 10 jt maksimal 12 jt. Besok atau lusa mereka pasti akan telpon atau sms. Apalagi menjelang akhir tahun. Mereka juga butuh target.  Asal dari pihak pak arief dana yg terblokir sementara itu ga mengganggu cash flow

Mereka masih sms ke saya menanyakan saya bersedia pelunasan di brp
mereka masih coba2 cari celah
kalo gitu saya jawab juga saja ya pak.. di  10 jt..

Iya. Benar.  Harus bertahan. Kan Sayang uangnya.
Apalagi cara mereka yg kasar spt itu. Sebenarnya kalau mau fight ga perlu bayar sebenarnya bisa.

saya hanya ingin sinkron saja dengan teamnya  pak pulo

Anggota Tim saya udh nyampaikan..mereka mau coba2 lagi aja

ya sudah kalo gitu kita bertahan di 10jt saja pak
jadi saya akan bilang 10 jt take it or leave it
Spy mereka lihat ada ketegasan dari pihak kita

Buktinya kan mereka ga kuat juga. Kalau dibandingkan dari awal2. Songong bangat
Apalagi katanya mau debet langsung

iya sekarang sms nya sudah lebih sopan

*****

20/12/2016, 9:15 PM
IMG-20161220-WA0007.jpg (file attached)

Langsung dibilangin aja negonya sudah fix di 10 jt. Kalau mau silakan. Kalau ga mau ga usah dihubungi lagi. Krn akan percuma. Gitu aja. Pengacara saya sekarang lagi nyusun materi gugatan.  gitu aja

oke pak
nanti saya sampaikan ke mereka
IMG-20161221-WA0000.jpg (file attached)
Saya sudah sampaikan.. dan rupanya mereka masih bertahan

Ga usah terpengaruh.  Ini perang saraf aja. Ga usah khawatir. Kami sudah pengalaman ngadapin orang2 songong  spt ini

Ok pak noted

Dikirain dia kan kami dibayar mahal. Sampai puluhan juta. Makanya anggapan dia kalau langsung yg harus di alokasi kan ke pengacara pasti bisa lah utk bayar ke mereka. Dikirain kita perampok juga

Makanya dia coba terus pendekatan spy datang langsung. Maksudnya dia spt itu. Makanya   dibilang  aja sama dia. Ini bukan lagi soal masalah uang. Makanya saya biarin disitu. Mau ambil silakan aja. Saya akan konsisten. Sambil pengacara saya bekerja.

Kecuali ok di 10 jt itu saya bisa langsung okein dari sekarang. Soal pengacara urusan saya. Spt itu aja dulu dicoba

Oke noted pak

29/12/2016, 10:20 AM
IMG-20161229-WA0004.jpg (file attached)
Pak pulo sepertinya mereka terima term dari saya

Nah kan?
Akhirnya mereka keok juga kan?
?????

Oke.
Akan saya suruh Anggota Tim saya datang ke sana untuk follow up.

ya pak



30/12/2016, 11:30 AM

Siang pak xxxxxx. Tugas kami udh selesai. 
Itu hasil risalah mediasinya.
Blokirannya juga udh dibuka katanya.
Surat Lunasnya keluar setelah 30 hari kerja.

oke pak..
Terimakasih atas bantuan bapak dan team

Sama2

*****

Baca Juga:




Screenshot komunikasi awal dengan Nasabah yang bersangkutan
 sebagai salah satu bukti original  bahwa kasus ini memang ada.
Bukti pendukung lainnya juga ada, yg disimpan di File tersendiri.

Catatan:
Postingan ini juga sekaligus  membuktikan bahwa tidak ada istilah PEMUTIHAN dalam Kartu Kredit/KTA atau Pinjaman lainnya,  sebagaimana yang sering menjadi alat jualan oknum2 Pengacara Abal2 untuk tujuan mengambil keuntungan pribadi, memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan.

*****


Know Your Bank - MN Checking

×
Berita Terbaru Update