Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Kesulitan Mengonfirmasikan Hasil SID BI ke HSBC

Jumat, 07 Januari 2011 | 15:25 WIB Last Updated 2020-07-01T13:57:01Z


Sumber : Okezone.com Tayang : 2010-12-07


Sehubungan dengan hasil BI checking online per tanggal 29 November 2010 dengan No. Laporan: 12/35667534/DPIP/PIK bahwa atas nama debitur Niken Triwahyuningtiyas pada rekening kartu kredit HSBC No. 4544 9300 2571 xxxx kolektibilitasnya pada level 2 (dalam perhatian khusus).

Sedangkan nilai tagihannya nihil dan secara aktual merupakan rekening yang sudah tidak aktif lagi karena atas rekening tersebut memang sudah pernah saya ajukan untuk ditutup. Saya merasa tidak pernah mendapat tagihan ataupun dihubungi by phone sebagaimana yang biasa dilakukan oleh operator kartu kredit lainnya apabila debitur mempunyai tunggakan.

Perlu diketahui bahwa No HP saya 08158861411 sejak awal mendaftar kartu kredit HSBC sampai dengan saat ini masih tetap aktif saya gunakan. Untuk itu mohon klarifikasinya, mengingat saya sudah tidak mempunyai hutang ataupun tagihan dari kartu kredit tersebut sehingga kolektibilitasnya bisa diubah menjadi level 1 (lancar), walapun rekening sudah tidak aktif lagi.

Sesuai dengan pernyataan dari BI bahwa “Informasi Debitur didasarkan pada Laporan Debitur yang disampaikan Pelapor melalui Sistem Informasi Debitur kepada Bank Indonesia. Kebenaran dan keakuratan data merupakan tanggung jawab Pelapor”. Maka mohon bantuan dari pihak HSBC selaku pelapor untuk mengkoreksi level kolektibilitas account kredit sebagaimana tersebut di atas sehingga tidak merugikan saya sebagai ex Debitur HSBC.

Saya sudah mencoba untuk menghubungi call center HSBC di no. 021 - 5291 4722 melalui proses kehilangan kartu, karena saya tidak menemukan jalur untuk bisa langsung berhubungan dengan customer service HSBC. Oleh Bp. Rama (CS) saya diberi nomor telepon ACC Relation untuk mengurus hal diatas.

Namun setelah saya hubungi bagian yang dimaksud di no. 021 – 2552 6500, ternyata saya hanya mendapat jawaban bahwa kartu kredit saya posisinya “closed by bank” dan saya dianjurkan untuk mengurusnya ke customer service, yang jelas-jelas sudah saya hubungi dan tidak dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut, jangankan mengkoreksi kolektibilitas, ditanya apakah memang ada tunggakan yang masih nyangkut-pun tidak bisa dan yang mengherankan lagi dari laporan SID BI bahwa kartu kredit HSBC tersebut di atas terdaftar di HSBC Cab Batam KCP dimana saya tidak pernah tinggal dan berhubungan dengan HSBC di lokasi tersebut.

Klarifikasi dari pihak HSBC sangat segera saya perlukan karena saya tidak ingin kejadian ini menjadi berlarut–larut. Untuk diketahui bahwa sampai saat ini saya dan suami masih mempunyai 4 kartu kredit diluar HSBC yang tidak pernah bermasalah dan sesuai dengan hasil SID BI berkolektibilitas 1, karena hubungan dengan CS dari ke 4 Bank penerbit kartu kredit tersebut sangat kooperatif dan mudah, tidak seperti dengan HSBC dimana untuk menutup kartu kredit HSBC saja sangat sulit dan berlarut-larut.

Niken Triwahyuningtiyas
Jl Surya Kencana No 88 RT 002/04m Cikole, Sukabumi
08158861411
niken.tiyas@ovi.com
×
Berita Terbaru Update